Panen merupakan salah satu kegiatan budidaya tanaman yang perlu mendapat perhatian khusus. Saat panen merupakan waktu kritis, karena untuk tanaman tertentu, apabila saat panen terlambat maka kualitas maupun kuantitas hasil atau produksinya akan turun, bahkan dapat rusak sama sekali. Saat panen membutuhkan tenaga kerja yang sangat banyak agar kegiatan panen dapat dilakukan tepat waktu. 

Kebutuhan tenaga kerja yang besar pada saat panen ini menjadi masalah pada daerah-daerah tertentu yang penduduknya sedikit. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah kekurangan tenaga kerja adalah dengan cara meningkatkan kapasitas dan efisiensi kerja dengan menggunakan mesin panen. 

Pada pelatihan ini akan dibahas tentang pengenalan lebih rinci tentang Combine Harvester sebagai contoh mesin panen.

Alat dan mesin pertanian (Alsintan) adalah sebutan untuk semua peralatan dan mesin yang digunakan dalam usaha bidang pertanian. Penggunaan teknologi tepat guna dalam budidaya pertanian melalui alsintan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi budidaya tanaman serta meningkatkan kualitas produksi pertanian. Penggunaan alsintan menjadi pemicu transformasi dan penyebaran teknologi pertanian kepada petani untuk menuju pertanian yang lebih modern, efektif dan ramah lingkungan.

Pelatihan alsintan pra panen adalah pelatihan tentang mesin-mesin yang digunakan dalam proses pengolahan lahan pertanian dan penanaman bibit tanaman. Pelatihan ini akan membahas tentang pengoperasian handtraktor, traktor roda 4 serta pembuatan bibit padi menggunakan dapog dan transpalanter.